MOGOK KERJA BURUH PT.SULINDAFIN BABAK 2 YANG DIMOTORI SBJP BAKAL DI GELAR

Karena sikap management PT.Sulindafin karawaci tangerang yg arogan, berani mempermainkanundang-undang, ditambah kurang tegasnya aparat pemerintahan kota tangerang, khususnya disnakertrans, yg berwenang menangani masalah ketenagakerjaan, kurang bersikap tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran yg dilakukan pengusaha yg berkaitan dengan hak-hak para buruh, khususnya permasalahan tentang kebebasan berserikat & tuntutan mengenai gaji pokok yg belum sesuai dg ketetapan pemerintah yg terjadi di PT.Sulindafin, serta digantungnya kasus 55 orang buruh yg diambil barkodenya dg status tidak jelas, maka SBJP akan kembali menggelar mogok kerja babak 2.

Perselisihan antara pengusaha, dalam hal ini PT.Sulindafin dengan para buruhnya yg bersatu dalam serikat buruh SBJP belum membuahkan hasil, karena kurangnya itikad baik dari pihak management untuk segera menyelesaikan permasalahan buruh ini.

Malah pihak management terkesan mengulur-ngulur waktu, seakan ingin menguji sejauh mana konsistensi loyalitas, dan kesabaran para buruh yg tergabung dalam SBJP, masihkah mereka exis dalam SBJP, baik yg masih dipekerjakan, yg dirumahkan ataupun mereka yg diambil barkodenya dg status tidak jelas.

Mogok kerja buruh PT.Sulindafin bulan yg lalu dilakukan secara damai, tanpa anarkisme sehingga tidak berdampak pada kerusakan aset dan pasilitas produksi, & ternyata selama aksi mogok kerja berlangsung, proses produksi berjalan lancar.

Selama aset produksi yg berkaitan dg bangunan, mesin, dan pasilitas lainnya aman serta didukung dengan proses produksi yg lancar, maka besar kemungkinan mogok kerja sebagian buruh PT.Sulindafin dalam wadah SBJP itu, dianggap angin lalu.

Malah dg adanya mogok kerja itu, justru memberi peluang pada pihak management untuk menggelar PHK masal, & menggantikan para pekerjanya dg sistem pekerja kontrak, yg telah lama dicanangkan. Kenapa demikian 70% buruh/pekerja menurut versi pihak management
telah melakukan mangkir selama 5-7 hari, dan itu dalam PKB (perjanjian kerja bersama) dinyatakan telah mengundurkan diri. Betapa mudahnya pihak management mem-PHK para buruh & menggantikannya dg sistem kontrak.

Untuk itu kaum buruh hendaklah bersatu dalam satu barisan, perjuangkan hak kalian, karena PHK mengancam kalian semua, karena kalian telah mangkir kerja selama 5 hari lebih. Seandainya yg 55 orang ini sukses di PHK, maka 55 orang berikutnya akan menyusul, & di luar sana pekerja kontrak siap menggantikan kalian. Mau?

55 responses to “MOGOK KERJA BURUH PT.SULINDAFIN BABAK 2 YANG DIMOTORI SBJP BAKAL DI GELAR

  1. Hai…,kami dari dept. Utility menyayangkan kenapa demo yang kita lakukan berijin sampai 5 hari…ini membuka celah/bugs pada undang2 dan PKB (Perjanjian Kerja Bersama) yang kita SBJP belum bisa tangani bahkan tidak dibayar sama sekali…
    Sebenarnya hal2 yg bisa menjerat anggota SBJP bisa dihindari dengan mempelajari undang2 dan PKB yg berlaku,tapi kita kalah,kita sudah masuk celah itu sekarang…Ini pula yang menjerumuskan 50 orang lebih anggota dan celah itu nyaris membuat SBJP tidak bisa berbuat apa2 hanya bisa mengerahkan massa/anggota dan terus akan begitu,apa SBJP sudah kehilangan kekuatan hukum?
    Ini salah siapa…?
    Mari kita kaji kembali…kesalahan2 itu jika SBJP ingin terus langgeng.Dan SBJP lah yang sbnarnya paling bertanggung jawab atas 55 orang tersebut atau jika benar ada yang berikutnya itupun dikarenakan loyalitas kami pada SBJP sbg anggota,tapi kami tidak ingin PT.Sulindafin gulung tikar,setidaknya jika bukan kita biarlah orang lain rekan kita sesama orang Indonesia jg ingin bekerja,jika kami dipecat mungkin itu kesalahan kami karena ikut SBJP…
    SBJP jangan ciut,jangan mandul,jangan terima suap itu harapan kami,tapi dengan masih mengerahkan massa itu menunjukkan kelemahan organisasi kita yg tidak punya kekuatan diplomatik.
    Camkan….itu.

  2. Apakah harus mengerahkan kekuatan massa kalau memang demikian maka sbjp dalam hal pengurus pusat tidak bisa memperjuangkan nasib buruh sulindafin seperti apa yang selalu di gembar-gemborkan oleh pengurus pusat.
    kasihan teman-teman buruh sulindafin jadi korbang.

  3. Management shinta group emang sudah bobrok, kita emang harus melawan! Tp tolong disurvey kekuatan kita apakah kita udah bener2 siap!? Tol ditindak lanjuti.

  4. Alangkah baiknya kita tidak saling menyalahkan. Perjuangn kita masih jauh dan berat.dan itu butuh pengorbanan yang tidak sedikit.kita harus bersatu menyusun kekuatan,jgn berpecah belah.kita semua ingin adanya perubahahn yg lebih baik,demi kelangsungn hidup kt.hanya orang2 BODOH yg tidak mw berusaha untuk melakukan perubahan yg lebih baik.

  5. Perubahan perlu tapi perlu di ingat apa yang telah di lakukan hanya membuat teman2 buruh sengsara akan sampai kapan persoalan ini, saya hanya kasihan pada teman2 buruh sulindafin. cobalah kalian koreksi diri tentang perjuangan kalian jangalah ada korban kembali, kalau pengurus luar sih enak tidak ada sanksi justru dapat uang dari perjuangan kalian, coba kalau 1000 di kali Rp.15000 sudah berapa yang di dapat belum lagi iuran anggota, dan apa yang di dapat oleh teman2 buruh sulindafin… di phk sepihak di scorsing gaji tidak di bayar apakah ini yang di namakan perjuangan dan pengorbanan.Apalagi jika akan aksi lagi saya tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi.

  6. jika saya seorang pengusaha, apabila ada mogok untuk kali ke 2, maka saya akan langsung bawa koper dan pergi meninggalkan indonesia. masa bodoh dengan semua karyawan. tanah dan bangunan sudah saya jaminkan ke bank. jadi buat apalagi saya pikirkan karyawan yang permintaannya “neko-neko”?. tapi di dalam hati saya menjerit, karena apabila pabrik saya tutup, maka 2000 karyawan menjadi penganggur, 6000 orang (keluarga karyawan) hidupnya terkatung-katung, pemerintah daerah terbebani beban sosial. tapi apa mau di kata. pabrik ini milik saya tapi kenapa karyawan yg mengatur pemilik? semua hal yg normatif telah kita penuhi, yg kurang sesuai dan kesalahan sedang diperbaiki dan hal tersbut tentu butuh waktu karena tidak semudah membalikan telapak tangan. lalu mau apalagi? sengaja ingin menutup pabrik? kalian murni berjuang atau ditunggangi oleh kepentingan uang atau yg lainnya?
    Banyak cara bisa ditempuh. dimana kemampuan intelktual para pengurus SBJP? mengapa mereka selalu membawa anggota-anggota mereka sebagai “bemper” dalam perjuangan SBJP? meja perundingan selalu tersedia. kalau gagal langsung mogok dan akan terus seperti itu, apakah seperti itu namanya serikat buruh? kapan kewajiban kalian akan dilaksanakan sementara kalian selalu menuntut hak yang telah kalian dapatkan?
    Jika saya pengusaha, saya sangat menyayangkan sikap karyawan yg mogok kerja yang aneh. proses sedang berlangsung, tapi kenapa kalian tidak sabar?
    Untuk anggota SBJP, saya ingatkan agar kalian terus tekan pengurus kalian. jangan kalian mau jadi bemper mereka. karena permasalahan ini adalah mutlak kerja para pengurus. apabila pengurus kalian kemampuannya bagus, saya yakin masalah ini akan selesai. tapi kalau tidak, jika saya seorang pengusaha, maka saya akan tutup pabrik ini dan jalan-jalan ke luarngeri. toh uang saya banyak dan tidak habis untuk 7 turunan..ha…ha…ha…ha

  7. Teman-Teman ingat kita jangan ribut kita harus bersatu. Sulindafin itu telah menghidupi kita. Kita demo bukan untuk melawan pengusahanya, tapi kita demo untuk melawan rezim manajemen yg curang menipu kita bayangin aja masalah lemburan jamsostek ternyata tdk sesuai dengan ketentuan dan kita tahu itu setelah ada SBJP kita tak perlu takut PHK sebab PHK itu pasti tinggal nunggu waktu, tinggal nunggu giliran kita lihat karyawan kontrak banyak, pintu rizki insyaallah di luarpun Alloh sediakan untuk kita, dan kalau berhasil siapa tahu anak – anak kita kerja di sulindafin lagi mereka tdk mengalami hal yang sama. Dengan demo mudah – mudahhan orang -orang manajemen itu tidak semena-mena lagi dan tdk mengeluarkan kebijakan seenak kepalanya. Ayo kita kudu KOMPAK teman-teman jangan kaya kurniawan mungkin ia udah makan suap he… he… bah surif.

  8. Bung eeng Negara kita ini Negara HUKUM ente kabur entar di uber polisi, gue buruh lemah punyanya cuma keringet ente punya duit bisa beli hukum buruan beresin misal ente pengusa karyawan yang dirumahkan suruh masuk gitu aja udah ketakutan tanggal 3 masih lama gue juga kalo elo-elo udah punya itikad baik kagak mau demo.

  9. REKAN2 SEMUA, KITA HARUS LAWAN KETIDAK ADILAN, JANGAN BIMBANG DAN RAGU, BULATKAN TEKAD&NIAT UNTUK MENGHADAPI ORANG2 PENINDAS BURUH+PENGKHIANAT2 PENJILAT DAN MUNAFIK BESOK DI TGL 3 AGT, PERJUANGAN KITA DINANTIKAN BURUH2 SE INDONESIA.

  10. Jika saya seoarng pengurus atau bahkan ketua umum SBJP, maka saya akan berkata pada anggota saya, biarkanlah urusan karyawan yang 53 menjadi tanggung jawab saya dan para pengurus, biarkan kami yg mengrus masalah ini sampai selesai, bekerjalah kalian dengan baik demi perusahaan kita semua yang telah memberi rezeki pada kita hingga saat ini. Pertahankan prestasi kita. Kalian para anggota SBJP percayakanlah semuanya pada pengurus, karena kami memiliki kapabilitas yang tinggi, karena kami mampu untuk mengatasi permasalahan ini. Kami adalah wakil anda di perundingan dg perusahaan. jadi bekerjalah dengan baik, tunggu hasil dari kami.
    Jika saya sebagai ketua umum SBJP, maka saya akan memerintahkan untuk tidak mogok kerja. saya akan memerintahkan kepada seluruh anggota untuk tetap bekerja sambil berdoa. tidak merusak fasilitas pabrik. tetap menghormati teman yang berbeda pendapat. tetap dalam koridor hukum dan agama.
    Jika saya sebagai ketua umum SBJP, maka saya akan mundur apabila diplomasi saya dengan perusahaan tidak berhasil. Saya akan mundur apabila terjadi mogok kerja yg mengakibatkan pabrik tutup, saya akan minta maaf kepada semua rekan karyawan yang telah jadi korban kegagalan saya.
    Apabila saya ketua umum SBJP, maka saya akan bersinergi dengan serikat yang ada, saya akan menjalin kerja sama, karena karyawan adalah satu dan tidak bisa dipecah belah. saya akab berkata bahwa perjuangan yang sejati adalah perjuangan yang didasarkan atas kepentingan umum bukan atas dasar kepentingan kelompok. perjuangan yang sejati adalah tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. perjuangan sejati bukanlah untuk menjajah untuk merdeka.
    Andai saja saya ketua umum atau pengurus…andai saja….

  11. Yang merasa anggota SBJP bergabunglah tgl 3 di depan, kenapa karena kami SBJP telah berupaya untuk menyelesaikan masalah teman-teman kita yg diluar tetapi pihak manajemen tdk memberi tanggapan, DAN KAMIPUN MINTA JAMINAN TERTULIS DARI PIHAK MANAJEMEN AGAR TEMAN2 YG DI DALAM TIDAK DI PHK MEREKAPUN TDK MEMBERIKAN TANGGAPAN, INI ARTINYA APA, KONDISI KALIAN SEKARANG INI TERANCAM, KALIAN HANYA DI KERJAKAN SEMENTARA MENUNGGU KARYAWAN KONTRAK PENGGANTI KALIAN, PROSES PHK KALIAN BERTAHAP, MAKA KITA HARUS BERSATU, KECUALI KALIAN TELAH ADA JAMINAN TERTULIS DARI MANAJEMEN BAHWA KALIAN TDK AKAN DI PHK INGAT KITA MOGOK KERJA MELAWAN MANAJEMEN PENJAJAH BKN MELAWAN PENGUSAHA, TETAP AKSI YG SESUAI ETIKA DAN ATURAN KITA MENJUNGJUNG TINGGI PERATURAN PEMERINTAH YG BERLAKU, KOMNASHAM, LBHI, KONTRAS SIAP MEMBANTU KITA. SALAM PERJUANGAN YANG KITA TUNTUTLAH ADALAH TEGAKNYA UU KETENAGAKERJAAN, JADILAH BURUH MERDEKA DARI PERBUDAKAN MANAJEMEN

  12. Saya salut ama semangat dan niat buruh sulindafin tapi sayang mereka ga sadar sama siapa mereka bernaung, mendingan ikut mbah surip di gendong dari pada perjuangan yang ga jelas arahnya.Coba kalau pabrik di tutup siapa yang akan menanggung akibatnya di negara ini siapa saja yg punya uang pasti bisa berbuat apa saja pengusaha tutup pabriknya dan pergi ke luar negeri kan aman sedangkan pabriknya udah di jadikan jaminan untuk semua utangnya. bagai mana nasib buruh kalau ini terjadi.
    Pengurus pusat sbjp sih ga kerja di sulindafin jadi mereka beresiko kehilangan pekerjaan toh mereka bisa cari duit dengan cara yang sama di perusahaan lain.
    Hati-hati teman2 buruh sulindafin saya hanya mengingatkan bukan bermaksud untuk melemahkan perjuangan, perjuangan bisa di lakukan di dalam dengan cara diplomasi yang intelektual tidak harus dengan demo yang ga ada ujungnya, kalau demo terus kan yang nama pengurus pusatnya kan di beritakan ke mana-mana terus yang di jadikan korban siapa……..( jawab sendiri aja deh ).

  13. Demo adalah hak setiap orang, karena kebebasan mengeluarkan pikiran dan pendapat merupakan hak, tapi perlu dì sadari perjuangan tidak harus dengan aksi demo.
    ini semua menandai bahwa pengurus pusat sbjp tidak bisa menyelesaikan masalah bisanya hanya menghasut mengadu domba dan mengerahkan massa, apa yang udah di dapat dari semua strategi yang di jalankan pengurus sbjp dan apa yang telah mereka lakukan.Bisanya hanya mengadu instansi terkait dengan perusahaan karena apa karena mereka sudah tidak mampu untuk menyelesaikan sendiri,mereka tidak mampu membuka dialog dengan perusahaan.
    Demo adalah sarana untuk mencari nama bukan untuk membela kepentingan buruh semata.
    Cobalah PUK SBJP shinta group membuka dialog dengan perusahaan mungkin akan lebih efektif dari pada strategi adu domba yg di lakukan oleh pengurus pusat SBJP.
    Buruh bukan objek untuk cari keuntungan dan kepentingan pribadi.
    Buruh harus berjuang dengan hati nuraninya.
    Buruh bukanlah tunggangan politik.
    Buruh adalah anak bangsa yang tertindas.
    Buruh harus bersatu jangan mau di peralatan oknum yang rela mengorbankan buruh.
    Buruh adalah……
    Buruh Adalah…….

  14. Untuk buruh sulindafin ngapain demo segala demokan kan cape udah mendingan nurut sama perusahaan. SBJP itu propokator makanya, walaupun menurut Undang-Undang buruh itu bebas untuk berserikat maka manajemen berani melanggarnya, kenapa karena SBJP berbahaya. Mendingan Serikat buruh yang lama di perbaiki, kan slama ini sudah berjuang untuk kalian. Teman-teman kamu yang di rumahkan biarkan aja di phk. Sekarang yang penting kalian masih kerja, ngapain mikirin orang lain, ya ga. Memang para buruh bebas berserikat, dan kita tahu manajement telah mengkebiri kalian. Tapi tidak usah demo nanti pabriknya tutup bagaimana. Seperti pabrik tempe di sebrang sana tutup, gara-gara buruhnya demo satu hari. Coba bayangkan. Ngapain demo biarkankan saja manajemen melanggar Undang-Undang dosanya kan mereka yang nanggung, biarkan saja mau berbuat dolim, atau apalah, itu urusan mereka.

  15. kamu itu orang yang BODOH, tidak mau diajak menuju perubahan yang lebih baik.berarti kamu telah menyepelekan perjuangn teman2 kita ya digantung nasibnya.kalu g mau ikut y diem aj kyk kayak monyet makan pisang,.,

  16. Halo teman-teman buruh, saya kurniawan saya ingin memberi nasihat jangan demo ya! rugi demo itu, mendingan kerja yang baik. Masalah PHK , itu takdir. ibarat kematian kan bisa di hindari, memang sich, manajemen itu melanggar undang-undang ketenagakerjaan saya tahu , tolong jangan demo ya, bonus kan katanya mau di adakan lagi, terus pelayanan pengobatan pun akan di perbaiki , apa lagi … masalah UMK wajarlah belum terpenuhi, kan kalian udah punya rumah, punya anak udah sekolah, kalian kawin sudah. Mendingan pikirkan diri sendiri, orang yang 55 apa 54 ya, itu tanggung jawab Anom SBJP , ngapain kalian ikut-ikuttan , saya sarankan jangan demo ya, jadilah buruh yang nurut. Orang manajemen juga buruh sama seperti kalian, bedanya kesejahteran kalian manajemen yang ngatur, sedangkan kalian ngatur kerjaan , bilangin sama yang lain ya.

  17. Eh….. komentarnya seru-seru, dan lucu Mbah surip ada 2 yang satu mbah surip asli yang satu mbah surip palsu, Kurniawan ada dua juga yang satu gendeng dan satu lagi stress…. he.. he..

  18. Teman – teman kita sudah mengetahui semuanya, kenapa teman-teman kita yang berupaya membangun serikat buruh yang mau berjuang untuk kita dirumahkan, karena manajemen tamsil, liu ing alergi dengan serikat buruh yang membuat kita melek hukum, seandainya tidak ada SBJP kita dibohongi terus, terbukti lemburan, jamsostek, umk terungkap sudah kebohongannya. Dan Tamsil cs tidak ingin kita vokal nuntut ini, nuntut itu, walaupun yang kita tuntut adalah hak, perundingan demi perundingan telah di lalui, bahkan berkali-kali sering mereka menghindar, sengaja mengulur-ngulur waktu , supaya kita jenuh. Kalau mereka punya niat baik SBJP berdiri disambut dg tangan terbuka SAYA YAKIN seratus persen tidak ada yang namanya MOGOK KERJA.

  19. To : koncone JM : terimakasih atas rekasi dari koment saya yg saya nilai vulgar, tidak sopan, fitnah dan terkesan mencari permusuhan dan provokasi. saya menjadi lebih tahu bahwa sebagai simpatisan SBJP anda mudah terprovokasi dan mudah dikendalikan oleh orang lain. terimakasih telah membuka aib anda sendiri. Apakah anda berpikir bahwa saya mungkin adalah rekan anda sendiri yg sedang mencari tahu kemampuan dari para anggota SBJP yang lainnya? karena prinsip saya adalah setiap organisasi yg akan diikuti haruslah tahu luar dan dalamnya terlebih dahulu, bukan hanya terbuai oleh kata-kata manis yang dibungkus dengan kata “perjuangan dan merdeka”…
    Sudahlah..lupakan saja mungkin anda tidak kapable..saya mencari reaksi lain yg lebih intelektual, tidak pasaran dan debatable (mungkin anda tidak mengerti maksud saya, tapi saya maklumi)
    Mari berandai-andai lagi…..
    andai saya pengurus SBJP, maka saya akan menulis surat terbuka kepada pemilik perusahaan bahwa management telah melakukan “kecurangan dan penipuan”. surat itu akan saya sampaikan sendiri dan lansung kepada pemilik perusahaan. Mengapa saya harus menulis surat terbuka? karena bagaimanapun hanya pemilik pabrik yang bisa mengganti management, bukan karyawan. Karyawan tidak bisa mengganti management hanyalah pemilik pabrik yg bisa melakukan hal tsb. Malahan saya akan bermitra dengan pemilik pabrik agar produksi tetap berjalan dengan baik sementara management diperbaiki atau bahkan diganti. jadi semua sama-sama untung. yang rugi adalah orang yang tidak bekerja dengan baik. Ingat THR lebaran sudah dekat…kita tidak mau kehilangan itu…
    Berandai-andai lagi….
    andai saya jadi pemerintah, maka saya akan membela 100% bahkan lebih pemilik perusahaan. saya akan membela agar pabrik tidak tutup. Lebih baik kehilangan 53 orang karyawan daripada pabrik ditutup dan 2000an orang akan menganggur. Karena apa? investor sangat sulit dicari, saya sebagai pemerintah akan berusaha mati-matian agar pabrik tidak ditutup malahan kalau bisa memperluas jangkauan produksinya dengan penambahan investasi. Masuk akal kan? logis kan? saya rasa siapapun aparat pmerintah akan memilih kepentingan orang banyak. pemerintah akan memilih perusahaan tidak tutup dan akan mebiarkan karyawan 53 orang tetap tidak bekerja..itu adalah rasional, masuk akal, logis dan tidak bersiko tinggi thd pemerintahan…..ayo pilih mana…..saya sebagai pengusaha, sebagai pengurus SBJP atau sebagai pemerintah…? saya tidak perlu reaksi atas koment saya ini…cukup direnungkan saja….OK ha…ha…ha…ha..

  20. to eenk, saya senang anda tersinggung, sy begitu krn anda memprovokasi smua agt sbjp, sekedar anda tau semua itu yg anda usulkan sudah dilakukan pengrs kmi, dan mogok ini kemauan kami, sy ga mau bertele2, lebih jelasny tanya pd ketua puk sbjp kami bp asmawi, biar anda melek, ap sejauh mana kebrhsilan kami, dan ap yg dilakukan managemen saat ini, dan ap perkmbngan yg udah trjdi, klo mau ngmong jg asal, ini untuk kt smua prcylh… brstulah.

  21. Anggota sbjp bodoh kalian tidak sadar bahwa pengurus kalian itu hanya mengobral janji mereka sekarang tidak bisa berbuat apa-apa untuk menolong yang 53 kecuali hanya demo.
    Coba telaah ke belakang apa yg terjadi buruh di suruh demo dari tgl 2 sampai beberap hari pengurus kalian malah santai2 di rumah dan datang ke lokasi demo menjelang siang, dan beberapa kali pengurus kalian bertemu dengan manajemen di luar kalian tidak pernah tau, ini fakta bukan fitnah atau provokator.
    Dan ada lagi Buruh dari PT.NASA yang mereka bela dengan janji akan dapat pesangon besar ternyata hanya dapat 8 juta perorang…benarkah itu….ini juga fakta.
    Dan perlu di ketahui bahwa sbjp belum melakukan kongres kembali dan belum pernah ada pemilihan ketua umum setelah kongres lima tahun lalu itu artinya apa ….. teman2 bisa telaah sendiri.

  22. Kalau di cermati dari komentarnya mas eenk ini orangnya masih muda dan belum keluarga, ia tinggal dirumah orang tuanya, dia kerja di sulindafin belum lama, orang tua dia kayaknya pernah menjadi orang kepercayaan atau memiliki jabatan di pt sulindafin. Dan dia demo bulan yg lalu tidak terlibat. Latar belakang inilah yang menginpirasi komentar dia, wajarlah ia berkomentar sesuai apa yang dia rasakan dan sesuai dengan kondisi dia rasakan, Dia tidak merasakan kondisi ketidakadilan dia tidak merasakan keresahan, kegundahan karyawan operator yg lebih dari 15 thn bekerja, jadi nuansa perjuangan hidupnya kosong dari proses kerja keras. Kerja orang tuanya yang nenteng kerah bajunya. Dan jiwa nasionalismenya kurang. Orang semacam ini beranggapan dimana2 jika ada perselisihan buruh dan pengusaha, buruh pasti kalah, udah berjiwa peodal pesimistis dan ia merelakan dirinya terjajah. Seandainya indonesia belum merdeka, maka orang semacam inilah yang menghambat kemerdekaan, wajar orang dia sekutu kompeni, dan sekutu kompeni itu punya kedudukan enak. Egoisme inilah yang terbentuk. Yang penting gua seneng, gua aman dari PHK wong bapak gua juga di sulindafin. Maka biarkan penjajahan itu tetap lanheng dan biarkan kompeni tetap berkuasa. Ha…ha… gua sih aman coy, guakan sekutu kompeni.

  23. eh…. mereka pikir anom dan dwi itu bisa menyelesaikan masalah kalian.
    Wah kacian dech temen-temen jadi korban, wong mereka itu cuma cari keuntungan dari perjuangan buruh.
    Dari uang pendaftaran aja mereka udah dapat uang yang cukup banyak hanya modal omongan doang dan stempel yg bisa di buat di pinggir jalan.
    Siapa sih mereka dan siapa SBJP sebenarnya. ID card bisa di buat oleh siapa saja dan bisa mengatas namakan siapa saja, teman-teman bisa cek ke sbjp yang sebenarnya.

  24. TGL 3 AGT ADLH HARGA MATI, TUNTUTAN KAMI DIPENUHI APA ITU TERJADI, KITA MOGOK TOTAL… INI GA MAIN2. PERJUANGAN KITA TINGGAL SEBENTAR LAGI. KITA SUDAH TIDAK MAU BERUNDING., KITA INGIN KESEPAKATAN TUNTUTAN. SMUA INI KESALAHAN MANAGEMEN SHINTA GROUP YG MAIN2 DG TNTTN DEMO TGL 2 JUNI. DIA SUDAH MENPERMAINKAN KITA BURUH2 TERTINDAS. KITA HARUS BANGKIT & LAWAN. KITA INGIN MERDEKA DI NEGRI SENDIRI.

  25. ada yang kasih komentar pakai nama saya tuh yg tgl 29 juli 2009. koment saya yg terkahir tgl 28 juli. kalau mau komentar apa aja silahkan tapi pakai nama yang lain dong. mau isinya dukungan atau kritikan thd SBJP silahkan tapi harus pakai jatidiri sendiri, gk usah takutlah, kalu berani berpendapat maka harus berani memperlihatkan jati diri. OK buat rekan yang pakai nama “eenk” kali ini saya maklumi tapi lain kali pakai nama sendiri OK!!!! Karena orang akan tahu yang mana eenk yg asli dan yang palsu terlihat dari gaya tulisannya dan isi pemikiran yang tertuang di dalam tulisan serta gaya bahasa yang digunakan OK!!! Pengurus situs ini pun akan tahu dari alamat e-mailnya OK!!!

  26. Saya pernah bekerja dimanagement shinta group (namun saya orang yang termasuk kecewa dengan management yang selalu obral janji TAMpa haSIL (TAMSIL)), pada demo – demo terdahulu owner pernah memberikan pernyataan bahwa apabila suatu saat akan terjadi demo, apalagi anarkis, maka beliau tak segan untuk menutup pabrik ini, untuk itu saya menghimbau kepada rekan – rekan sekalian khususnya rekan – rekan SBJP, agar dapat berhati – hati dalam mengambil sikap, jangan sampai dalam melaksanakan perjuangan untuk mendapatkan hidup layak, namun kesensaraan yang didapat.

    Sekarang ini beredar rumor dan selebaran yang terkesan propokasi, akan terjadinya anarkis dalam melaksanakan DEMO, hati – hati dengan orang dalam SBJP, hati – hati dengan orang diluar PT. SULINDAFIN, mereka akan tertawa apabila kita sensara, apabila berhasil, mereka akan memeras keringan kita (semoga tidak terjadi), rapatkan barisan hindari penyusupan.

    Untuk itu mari kita coba mencari jalan terbaik, dialog mungkin lebih baik, untuk rekan yang 54 orang, tolong pengurus SBJP perjuangkan mereka, karena apabila tidak berhasil akan ada yang seperti mereka.

    Kita jangan terlalu bergantung dengan pihak luar, DISNAKERTRAN, KOMISI 9, LSM – LSM dll kita sudah tau bagaimana kinerja mereka (UUD – Ujung Ujungnya Duit), kita harus memperjuangkan nasib sendiri.

    Untuk pengurus wibe ini mohon informasi tentang SBJP, karena sedikit sekali informasi tentang SBJP ini.

    Semoga seluruh rekan rekan Shinta Group dapat merenungkan jalan terbaik untuk memperjuangkan Nasib. dan kita menjadi orang orang yang di Rihdoi Amin ………..

  27. Siap sih sbjp ini, kok jadi membingungkan ada nulis katanya ketua umum nya tìdak di pilih melalui kongres terus katanya struktur organisasinya cuma ada ketua umum dan sekjen. Saya jadi bimbang ikut sbjp jangan-jangan serikat ini ilegal, kita para buruh mesti hati-hati jangan sampai di peralat orang yang hanya cari keuntungan dari perjuangan kita….. iya kan….

  28. Teman-teman kita harus tetap berjuang untuk kepentingan buruh, tapi kalau memang sbjp meragukan sebaiknya kita ganti bendera lain aja yang penting jangan SP-TSK.

  29. Hai teman-teman bersatulah dalam SBJP. Tapi ingat jangan sampai salah jalan ya. SBJP yang kalian ikuti itu palsu, tidak sesuai dengan kongres pemuda. Anom itu anak jalanan. Kalian ikut SBJP rugi, demo lagi-demo lagi, mendingan kita ngerujak bareng mbah surid. Orang yang 54 biarkan aja di PHK itu urusan Anom dan SBJP palsunya. Demo tetap jadi, tapi demonya demo masak. Si Anom itu penipu, propokator mau menipu kalian, mendingan para sulindafin diriin serikat lagi, SPTSK tinggalkan , kan ada serikat lain seperti SPN , SBI ,S Cendol. Ha… 2 kali Kurniawan stres.

  30. Hai.. saya kurniawan, sebelum kalian menyesal coba renungkan, SBJP itu ilegal tidak disahkan pemerintah. Mendingan ikut kurniawan, ingat ANOM DWI YANTO itu penipu. Tapi teman-teman jangan kendor, tetap semangat berjuang, tapi dengan kendaraan serikat buruh yang dapat dipercaya. Uang saya dulu di curi sama Anom, keterlaluan memang.tapi teman buruh harus yakin buruh bersatu tak dapat di kalahkan.

  31. Jadilah buruh merdeka, bersatu dalam barisan yang solid. SBJP memang bikin kita yakin, tapi ingat teman SBJP musuh pemerintah, ketuanya Si Anom tukang pijit yang hobinya menipu para buruh, waktu di PT.NASA teman-teman tau ga. Buruhnya di PHK , uang pesangonnya di minta sama Anom buat bangun rumah. Teman mendingan gagalin demonya, kedholiman Tamsil dan teman-temannya Tuhan yang balas, kembalilah bekerja teman-temanku, masalah nanti di PHK urusan nanti. SBJP itu meragukan. SALAM PERJUANGAN dari Kurniawan

  32. Saya nilai saudara eenk ini memang sengaja dipasang unruk memecah belah serikat Sbjp,, saya rasa anda orang terpelajar dan tidak etis menuduh seseorang itu dengan tampa bukti dan alasan yang kuat.. ketakutan dalam saudara eenk ini begitu besar,, dan inilah contoh orang berasal dari kaum yang tertindastetapi tidak menyadari bahwa dirinya ditindas..seperti sapi perahan yang hanya di tuntut menunaikan tugasnya tampa tau hasil keringatnya…Aksi demo itu terjadi karena ada sebab akibat… cobalah pahami dulu demo yang akan timbul terjadi bukan karena tidak adanya perundingan,, semua telah di tempuh melalui jalur yang benar..dan mungkin anda tidak mengikuti proses yang berlangsung selama ini. anda berkomentar tampa mengikuti proses yang telah di tempuh. dan saya rasa anda ini orang pengecut.. yang selama ini hanya mendengar apa kata orang ketiga saja…ingat kebenaran itu pasti selalu menang.. dan orang picik dan jahat karmanya bisa binasa di muka bumi ini.., Pt sulindafin itu sudah beropaerasi dari tahum 1973 dan bayangkan kebohongan yang telah terjadi sampai sekarang… dan ini pabrik merupakan tambang emasnya perusahaan shinta group.. gulung tikar??? coba audit lah sama saudara .. dan itu tidak mungkin…dan selama pihak management bersifat masa bodoh dan tidak mempunyai itikad baik pada buruhnya…demo itu jalan terbaik … stelah semua jalan perundingan dicuekkan oleh management….
    Maka bersatulah anggota buruh di sulindafin.. karna hak anda selam berpuluh tahun dirampas oleh mangemant..
    buka mata buka hati anda… perjuangan adalah untuk menindak kezhaliman yang telah dilakukan pihak management..
    perjuangan anda teruskan sampai kata kesepakatan.. inagat itu…

  33. Yang satu nulis sbjp itu ilegal yang lain bilang sbjp itu musuh pemerintah, jadi bingung kan, kita kibarkan bendera serikat lain, sbjp meragukan. selamat berjuang Kurniawan alias RANG STRESS he… he…

  34. hai saya RANG STREEEES alias Kurniawan bodoh kalian itu. Anom itu siapa, orang yang cari untung dari kalian. Persatuan sih harus kita bangun, guna melawan manajemen yang curang. Tapi baiknya sih tinggalkan SBJP serikat ilegal, Mau tahu? anom itu pengacara jalanan yang ngemis dari para buruh, camkan itu. Saya menyadari manajement itu menipu buruh sulindafin , entar pabriknya tutup kaya pabrik cilok. jangan lupa tanggal 3 ngerujak ya, ayo siapa yang mau ikut. Kurniawan rang streeesss.

  35. ass wr wb, sy kary netral, blm msuk sbjp, tp sy sangat mendukng perjuangan sbjp, pd intiny smua setuju bhwa managemen bobrok. klo ad di suatu tmpat ad kebobrkan, wajib hukumny untuk diluruskan. kebobrkan disini udh parah, hny dg kekuatan kary bisa diluruskan. BRSATLAH… JG TAKUT MACAM2. NIAT KITA JIHAD DIJALAN ALLAH. untk kmntar sbjp ilegal atau aplah., itu hny org2 goblok, klo ilegal ya ga bs dpt ijin dari disnaker to mas… JG JD PENGCUT.

  36. sy mulai bsok msuk agta SBJP. untuk anggota brsatulah, perjuangan anda sudah bagus. jg jd pengecut. jg kayak kurniawan + eenk, udah tau bobrok di bela. KITA BERJUANG UNTUK KEBAIKAN. INSYLLH ALLAH MEMBRIKAN YG TRBAIK UNTUK KITA. kita jg jd org2 bodo, sprti merek yg ngmng ilegal, msuh pmrntah-lah, klo itu betul dipikir scra bodo aj ya ga mngkin., wong nyatany ada ijinya. itu hanya org2 goblok dan pengecut.

  37. Kalian tertipu perjuangan kalian semu. Saya Tahu buruh sulindafin telah di bohongi oleh Tamsil, Tapi anda-anda mesti ingat jasanya, sulindafin itu sawah ladang kita, jadi bolehlah kita berontak melawan manajemen, SBJP organisasi yang di larang, SBJP yang asli bukan si ANOM ketuanya. Ingat sebelum anda-anda menyesal, cam kan itu…..!

  38. mas kurniawan ini bener2 keliatan bodony, klo bang anom bukan ketuany, siapa..? didisnaker ya ga boleh? namanya serikat buruh, itu smua hrus trdaftar di depnaker. mungkin mas kurni ini yg dia tau sbjp dulu yg dicikupa. udah ganti mas….

  39. Rekan-rekan buruh, kata AA Jimi kita harus “jagalah hati…jangan kau nodai…jagalah hati…cahaya ilahi..” Menurut saya kita harus memiliki rasa ikhlas dalam menempuh perjuangan hidup ini. ilmu ikhlas itu memang sulit tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Hal yang lainnya yaitu syukur. Rasa syukur harus terus menerus kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua nikmat dan karunianya yang telah kita terima hingga detik ini. Bersyukurlah atas rezeki yang kita terima. Bersyukurlah atas kesehatan yang kita rasakan. Apabila ada kekurangan rezeki, maka berdoalah sambil berusaha (ikhtiar). Allah memberikan waktu 24 jam bagi kita. Di pabrik kita hanya menggunakan waktu 1/3 nya saja, masih ada 2/3 lagi yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan dunia dan akhirat.
    Rekan-rekan…ketika rasa syukur selalu kita panjatkan, rasanya tiada kekurangan apapun yang kita rasakan. Semuanya berjalan dengan nikmat. Siapapun yang telah mengambil rezeki yang memang hak kita, percayalah sekecil apapun itu Allah pasti akan mengganjarnya di dunia dan akhirat.
    Kalau memang dirasakan pabrik kita ini memang sudah tidak kondusif lagi, maka kesempatan diluar masih sangat besar, tinggal kita nya saja, apakah kita memiliki bekal untuk bersaing di luar sana? apakah kita memiliki kemampuan yang cukup handal sehingga daya tawar kita menjadi lebih tinggi?
    Kenyataannya, saat ini bekerja secara formal sangat sulit untuk mendapatkannya, seperti kata pepatah “mencari jarum di dalam jerami”. Dengan rasa syukur dan ikhlas yang kita panjatkan terus setiap hari, saya yakin Allah pasti menolong umatnya dengan caranya sendiri. Rezeki kita diatur oleh Allah. Ada yang “cash” ada juga yang ditunda oleh Allah pemberian rezekinya sambil menguji kesabaran hambanya tersebut.
    Oleh sebab itu rekan sekalian bertindaklah dengan arif dan bijaksana, bertindaklah dengan mempertimbangkan semua hal sampai ke hal-hal yang paling kecil. KArena tindakan apapun kita pada saat ini akan sangat berpengaruh di masa yang akan datang. Kita harus Redam emosi yang agar setan-setan tidak betah berada di dalam hati kita. Astagfirullah….

  40. Setelah Saya baca artikel buruh ini. Bapak-bapak para karyawan Sulindafin yang saya hormati, Saya termenung juga melihat kondisi para pekerja Indonesia saat ini. Baik yang kerja di luar negri maupun yang kerja di dalam negri, masih terjadi sebuah perlakuan yang kurang sesuai dengan cita-cita Bangsa ini, yaitu masalah keadilan, kesejahteraan, dan perlakuan semena-mena terhadap para pekerja. Bangsa ini masih harus banyak berbenah , sehingga hukum itu benar-benar untuk menata, mengatur, dan melindungi rakyatnya. Kalau Bapak-Bapak mau demo, lakukanlah dengan sikap yang arip, penuh etika, isilah hati dengan kesadaran jauhkanlah emosi , Saya turut mendukung perjuangan Bapak-Bapak dengan doa, tetapi jika ada cara penyelesaian lain boleh di coba.

  41. Shinta group itu mau pemutihan, katanya karyawannya entar kontrak semua berarti kitapun kena, mungkin saja demo bulan lalu itu di jadikan kesempatan supaya karyawan punya kesalahan mangkir, padahal demo bulan lalu kalau benar ilegal , polisi berhak untuk membubarkan masa dan pihak manajemen secara hukum bisa mempidanakan SBJP, kenapa itu tidak di lakukan. Berarti mangkir 5-7 hari itu cuma siasat licik manajemen, sengaja di buat mangkir supaya kedepannya pihak manajemen mudah mengeluarkan karyawan, dan SBJP saya dengar sudah minta surat jaminan tertulis supaya tidak ada pemanggilan untuk phk. Bisa jadi kedepannya kita disuruh mengundurkan diri satu demi satu dan di ganti karyawan kontrak.

  42. Kalau kamu jabatannya superpisor ke atas di jamin, tapi kalau kamu operator tinggal nunggu di tendang mereka angkat tangan, kenapa mereka sekarang bicara begitu, mereka cari aman jabatan. Selama ini mereka selingkuh dengan manajemen, mereka omdo alias ngomong doang.

  43. Eh…mbak syarif ada yg lebih aman lagi,yaitu ngumpet di PANTAT nya tamsil,gw yakin dan jamin itu baru aman,daripada bergabung di sp tsk…haaa…haaa..haaa

  44. SEKARANG INI MANAJEMEN DAN ATASAN KALIAN SATU KEKUATAN, SBJP ITU LEMAH, KALIAN MERASAKAN SENDIRI KATANYA DEMO DI BAYAR BUKTINYA MANA YANG ADA DI MANGKIRIN, SEBELUM TERLAMBAT GABUNGLAH DENGAN SP TSK.

  45. Syarif ini cari muka ya, kamu mentang-mentang punya jabatan, jabatan itu sementara aku gabung sptsk buat nyenengin kamu doang dan buat menyukseskan prongram mr.hiu dan mr. tasil , yang kamu jamin jabatan kamu

  46. Selamat atas keberhasilan SBJP, perjuangan kita telah maju selangkah, kini saatnya kita mulai rapatkan barisan, maju terus pantang mundur,bagi manusia2 yang masih punya hati nurani tetap lah berpegang teguh pada kebenaran.walaupun perjuangan ada yang menodai tapi itulah perjuangan, indonesia tidak merdeka dalam sekejap mata 360 thn kita dijajah,tapi dengan tekad persatuan dan kesatuan kita dan keyakinan akan pertolongan Allah SWT indonesia bisa merdeka,AllahuAkbar. tahap selanjutnya,membersihkan PT.Shinta Group dari para anjing penjilat dan banci2 pecundang.darah boleh sama merah rambut boleh sama hitam tapi hati siapa yang tau,dahalalkn darah para penghianat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s